Minggu, 20 November 2011

Selamat ulang tahun! :)

Tua itu pasti dan dewasa itu pilihan.

Setelah memilih untuk menjadi veteran fakultas kedokteran, meninggalkan masa lalu di fakultas ilmu sosial dan ilmu politik, saya sering ngerih-ngerih pengggalih* sendiri. Kadang ada beberapa teman yang bercanda masalah umur. Saya tahu itu tidak serius, but hey! Jangan bicara umur kepada seorang perempuan. Itu sensitif! x)

Saya tidak memungkiri bahwa berjalannya waktu adalah sunnatullah. Waktu yang berjalan membuat kita semakin tua. Saya bertambah tua, begitu pula kamu, begitu pula orang-orang yang mengejek umur saya yang terlampau banyak daripada umur mereka. Umur berbanding lurus dengan rahmat Tuhan, semakin banyak umur, semakin banyak Tuhan memberikan rezekinya. Semakin tua, berarti Tuhan memberikan semakin banyak waktu pada seseorang untuk memberikan manfaat kepada orang lain. Bersyukurlah karena tidak semua orang mendapatkannya. Hingga saya mengeluarkan jurus terjitu jika diejek masalah umur, “hey! Kamu belum tentu bisa setua saya!” :P

Sampai-sampai saya menyesali keingian seorang Gie yang ingin mati muda. Oke itu pilihan, tapi ketika dia bisa berumur lebih panjang, pasti akan lebih banyak kontribusi yang akan dia berikan untuk negeri ini. Tapi kembali lagi, umur adalah rahasia Tuhan. Bersyukurlah yang tua, Tuhan telah memberikan lebih banyak kesempatan. Untuk berkarya, untuk berbahagia, untuk membahagiakan orang lain, untuk bermanfaat bagi manusia disekitarnya, untuk membuat perubahan, untuk mencetak sejarah yang akan diingat bahkan ribuan tahun setelah mati nanti.

Intinya, semua usia tidak boleh saling mengejek. Yang muda tidak boleh mengejek yang lebih tua, mereka belum tentu bisa setua itu. Yang tua tidak boleh mengejek yang muda, karena yang muda bisa menjadi lebih hebat daripada mereka di usia yang sama. Yang muda harus belajar dari yang tua tentang pengalaman hidup. Dan yang tua bisa belajar tentang semangat dari orang yang lebih muda.

Umur bukan hanya masalah hitungan. Tidak masalah berapa lama kita hidup, tapi bagaimana kita hidup.

Hari ini tepat ulang tahun ke-3 gigitaring :3 sederhana saja, berharap blog ini bisa lebih baik. Sebelum meberikan inspirasi pada orang lain, saya lebih berharap untuk sering menulis dan tidak membiarkan blog ini mati dalam kekosongan #tsahhh

“karena karya adalah bukti bahwa kita pernah ada” -anonim-

Selamat ulang tahun! :)

*ngerih-ngerih penggalih: menyabarkan hati

Tidak ada komentar: